2016-03-22

Sekilas Tentang Beret


Intro

Gue bukan orang dengan background fashion designer chingu, cuman gue ada ketertarikan sama fashion. Kenapa gue tertarik? Alasan utama gue adalah menurut gue fashion itu bisa mencerminkan diri seseorang. Orang bisa nunjukin siapa dia, apa preferensinya/apa yang dia suka bahkan apa yang ingin dia sampaikan dari busana yang dia kenakan. Selain itu, gue rasa ragam fashion terutama yang vintage2 itu indah dan simple, makanya pengen gue eksplor lebih jauh.
Pada kesempatan ini, gue bakalan coba sedikit nulis tentang “beret” chingu. Beret adalah salah satu dari banyak sekali jenis topi yang ada di dunia ini. Topi ini asalnya dari Eropa (sering dikenal asalnya dari Perancis) dan booming sekali di berbagai belahan dunia, termasuk di Korea dengan idol2 K-POPnya yang sering pake jenis topi ini. Menurut gue, beret ini termasuk jenis fashion yang simply beautiful, makanya gue suka.


Udah ada yang pernah tahu atau baca tentang beret belum? Kalo di Indonesia, beret itu dikenal dengan topi bareta chingu. Mungkin kalian akrab dengan kata “bareta” ini. Topi ini biasanya dikenakan oleh para tentara cuman di dunia fashion topi ini dikembangkan sehingga bisa digunakan pula oleh kaum yang lain. 




Sekilas Sejarah Beret


Baret adalah topi yang menutup mahkota kepala, biasanya terbuat dari wol atau rajutan. Beret ini pertama kali dipakai oleh nelayan pulau di Yunani dan dikenal sebagai "pilos" yang berarti "rambut" atau "seperti rambut". Beret juga adalah topi yang dikenakan oleh para tentara di Yunani. Topi ini kemudian diadopsi oleh orang Romawi menjadi "pilus". Kaisar Romawi Maximilian II (1527-1576) tercatat memakai fashion ini dalam sejarah.


Beret populer di Perancis dan dikenal sebagai “French Baret”, umumnya berwarna hitam. Kata “beret” dalam bahasa Perancis pertama kali disebut pada tahun 1835 dari bahasa Latin “birretum”. Penggunaan beret di Perancis dimulai pada tahun 1200 di daerah Basque. Baret ini dikenal sebagai "Baret Basque" dan dipakai oleh para gembala di kawasan itu, terbuat dari wol domba mereka. Pada tahun 1996, sebuah museum beret dibuka di desa Nay di Perancis Selatan dimana masyarakat dapat mengunjungi dan mempelajari lebih lanjut tentang sejarah pembuatan beret di wilayah itu. Sekarang, hanya ada 2 pabrik beret besar di Perancis dan berlokasi di BĂ©arn. Pangeran Charles IX dari Perancis adalah contoh figur yang menggunakan beret dalam sejarah. *yeokshi ya, Perancis tetep kiblat fashion dunia. Fashion2 yang keren banyak yang asalnya dari sana termasuk beret ini salah satunya. Meskipun ada sejarah yang mengatakan asalnya dari Yunani, tapi tetep aja boomingnya dari Perancis*



Beret menarik perhatian global karena stylenya yang menarik dan menjadi fashion umum di abad 20 dalam sejarah fashion Amerika chingu. Beret juga adalah simbol pangkat kebanggaan dari dunia militer seperti militer elit “green berets” di Amerika. Belgian Chasseurs Ardennais dan The French Chasseurs Alpins adalah unit milter yang juga memakai beret dalam seragamnya. Pada tahun 2000, beret warna hitam menjadi standar untuk seragam semua tentara Amerika yang masuk. Selama abad 20, angkatan tank Inggris juga memperkenalkan beret sebagai topi seragam. Ini memicu negara lain melakukan hal yang sama. Pasukan penjaga perdamaian PBB (UN Peacekeeping)pun menggunakan beret berwarna biru terang. Jadi beret ini sangat identik dengan topi militer (ARMY) chingu *btw kenapa A.R.M.Y BTS ga pakai ini juga ya? hehe. Gue rasa beret inipun fashion yang keren. Selain feel militernya dapet, feel estetik (vintage)nya juga dapet, klasiknya dapet, keren*



Beret sendiri biasa diasosiasikan dengan kaum revolusionaris, seniman, penulis, penyair, sutradara dan kaum bohemian chingu. Jadi ga heran kalo kalian nemu artis/seniman sering pake beret, karena memang fashion beret ini identik dengan mereka. Contoh seniman yang pake fashion ini adalah Claude Monet dan Auguste Rodin. Beret ini pada awalnya juga digunakan sebagai bentuk sikap dari pemberontakan terhadap status quo *jadi ada muatan politiknya juga ya fashion ini. Seperti yang gue bilang di awal. Gue rasa fashion itupun bisa bicara. Fashion bisa menunjukkan sesuatu pada orang lain termasuk tentang apa pesan yang ingin kita sampaikan. Meskipun ga segamblang hip hop yang disampaikan dengan huruf/kata2 di hoodie atau snapbacknya, cuman entah gimana gue rasa beret (atau tartan misalnya) juga kuat dalam hal ini. Gue rasa ada something dari fashion2 itu, mereka punya makna khusus dan itu menarik* 



Beret dan K-POP


Lalu, bagaimana relevansi beret dengan K-POP? Beret adalah topi yang trend banget di tahun 90-an (abad 20) chingu. Ini adalah item yang sering dipake artis Korea juga entah aktris, aktor maupun idol. Replay 1994 adalah contoh drama yang settingnya 90-an dan Go Ara (pemeran utama wanitanya) sering pake beret ini di banyak scene-nya. 




Gue beberapa waktu lalu liat sketsa ragam topi dari buku Judith Rasband dan beret ini salah satunya. Beret ini memberi kesan retro dan vintage chingu. Menurut ahli fashion, akan muncul sense vintage dalam fashion kita ketika pake aksesori topi jenis ini. Bagi yang suka fashion2 vintage, beret bisa jadi sebuah pilihan. Gue rasa feel yang ditimbulkan dari beret ini adalah klasik dan estetikanya dapet. Fashion yang menimbulkan kesan simple juga menurut gue.

Beret inipun desainnya beragam. Bentuknya ada yang kecil, ada yang bulet dan besar dan bahkan ada yang lebar sekali. Krystal f(x) di MV “Rum Pum Pum” adalah contoh idol yang menggunakan beret dengan ukuran super lebar. TaeHyun WINNER X Krystal F(X) adalah contoh idol yang pernah terlihat pake fashion ini *Gue rasa mereka dapet banget feelnya ketika pake beret ini. Sense of rebellion-nya dapet. Banyak idol yang pake beret cuman gue rasa mereka berdualah yang best chingu. Menurut gue, TaeHyun dan Krystal dengan karakter mereka cocok banget pake fashion yang muatannya “rebel” kayak beret ini. Mereka gue rasa juga dapet banget ketika pake tartan/denim*









Menurut salah satu image stylist Korea (Yoon Hye Mi) yang diwawancarai arirang, orang yang kepalanya besar ga cocok pake beret chingu. Kenapa? Ini karena beret akan membuat volume kepala lebih besar. Yoo Hye Mi eonni ini sendiri sadar kepalanya besar, makanya dia sendiri ga pake beret. Ini masuk akal sebenernya, karena memang beret itu sendiripun bervolume (ga jatuh pas di kepala), jadi kalo dipake di kepala yang ukurannya besar, kesannya akan semakin besar. Solusi agar tidak membulat dan makin membesar adalah dengan menata rambut depan agar bisa terlihat chingu, baik rambut panjang ataupun pendek. Kalo cowok, gue rasa kunci pemakaian beret ini hanya percaya diri dan punya sense fashionista aja. Cuman akan lebih bagus kalo rambut depannya ditata juga. Gue pernah liat RapMon BTS pake beret ini dan menurut gue kurang keren, cuman karena dia punya sense fashionista dan juga percaya diri, gue bisa nerima itu. Fashion itu menurut gue masalah selera aja, sangat subjektif. 





Itulah sekilas tentang beret yang bisa gue share. Mungkin kalian bisa share hal2 lain seputar beret juga dengan ngasih komentar di sini atau posting pic idol dengan beret terbaik versi kalian. Kita saling sharing aja di sini. Semoga tulisan ini bermanfaat ^^ #peace 


#Fashion #Passion #Vintage #Beret #Style #Simple

---
#Peace #Love #Happiness
#Respect #Share #Inspire
#Staygold #Staytrue #Stayreal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar